Kamis, Juni 14, 2012

Perbandingan antara novel Konspirasi Nuklir ( Jodhi P. G) dengan Hikayat hang Tuah


Perbandingan antara novel Konspirasi Nuklir dengan Hikayat hang Tuah
1.      Bahasa yang digunakan
Dalam novel Konspirasi Nuklir bahasa yang digunakan adalah bahasa indonesia yang komunikatif dan mudah dimengerti, kemudian kata kata yang digunakan sebagian besar kata kata yang sudah dibakukan penulisannya dalam EYD. Namun pada naskah hikayat Hang Tuah asli, ditulis dengan bahasa arab. Dan terjemahan terjemahan yang ada kebanyakan menggunakan bahasa melayu dengan aksen melayu klasiknya. Selain itu kalimat kalimat yang digunakan kurang komunikatif masih terdapat kata kata yang tidak baku, penulisan kata kata bahasa indonesia Zaman dulu.

2.      Amanat atau nilai nilai yang terkandung
Penulis Novel Konspirasi Nuklir ingin memberitahukan kepada masyarakat awam bahwa kimia itu mudah dan menyenangkan untuk dipelajari apabila digunakan dalam kehidupan sehari hari. Sedangkan Hang Tuah, mengamanatkan kepada pembacanya tentang kegigihan seseorang dalam menghadapi tantangan dan rintangan hidup yang ada.

3.      Tema
Novel Konspirasi Nuklir bertema tentang kepahlawanan sedangkan Hikayat Hang tuah bertemakan tentang perjuangan hidup seseorang.

4.      Lattar/ setting
Novel Konspirasi Nuklir terjadi di bandung dan sekitarnya, namun Hikayat Hang Tuah dikisahkan di dua kerajaan besar yaitu Kerajaan Malaka dan Kerajaan Majapahit.

5.      Alur
Alur yang digunakan dalam novel konspirasi nuklir ialah alur campuran. Dan dalam Hikayat Hang Tuah, alur nya tidak terlalu jelas karena penulis tidak menyertakan waktu terjadinya.

6.      Sudut pandang
Novel Konsipasi nuklir dan Hikayat Hang Tuah bersudut pandang orang ke-3.

7.      Tokoh dan penokohan
Dalam Novel Konsiparasi Nuklir, tokohnya beragam meliputi reza sebagai tokoh utama perempuan yang berwatak polos, cerdas dan berani. Youri adalah reporter muda yang rela melakukan apa saja untuk mendapatkan berita, tulisannya berbakat, berwawasan luas dan pintar dalam segala hal. Sedangkan dalam Hikayat Hang Tuah, diceritakan Hang Tuah sebagai tokoh utama yang pintar, berani, tokoh pahlawan. Juga ketiga temannya yang berani, setia, juga tokoh pahlawan. Namun 1 teman Hang Tuah yang berani, namun berkhianat.

8.      Kesesuaian nilai nilai dalam kehidupan masa kini
Dalam Novel Konspirasi Nuklir, nilai nilai yang terkandung sesuai dengan nilai nilai yang ada sekarang ini. Seperti nilai moral, pejabat ada yang berhianat kepada negaranya, kemudian nilai agama, para tokoh utama masih sempat melaksanakan sholat meskipun dalam keadaan genting. Namun pada Hikayat Hang Tuah, nilai nilai sudah mulai terlupakan oleh perkembangan zaman saat ini. Dalam Hikayat Hang tuah yang kental akan perjuangan, perluasan wilayah dan kerajaan. Zaman sekarang sudah tidak ada lagi perluasan wilayah, kerajaan yang bermusuhan dan saling menjatuhkan. Namun masih relevan dengan pemerintahan yang butuh akan sosok sosok muda berjiwa besar yang rela berkorban demi bangsa dan negara, juga masih relevan dengan pemerintahan yang ingin mencapai kejayaannya namun dengan cara cara yang lebih modern, seperti meningkatkan taraf pendidikan rakyatnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ayo kasih komentarnya .. biar aku bisa lebih baik ... jangan lupa ,, komentarnya berupa kritikan dan pujian yang membangun ya :)