Kamis, Juni 14, 2012

INVESTASI


INVESTASI
·         Definisi Investasi
Investasi adalah pengeluaran-pengeluaran untuk membeli barang modal yang akan digunakan untuk memproduksi barang dan jasa di masa depan,
·         Fungsi Investasi
Fungsi Investasi menggambarkan hubungan antara tambahan investasi dan tingkat keuntungan yang di harapkan.
Fungsi Investasi dipandang sejenis dengan kurva permintaan. Semakin rendah tinkat bunga (biaya investasi), semakin besar tambahan barang modal (investasi). Sebaliknya, semakin tinggi tingkat bunga (biaya peminjaman), semakin kecil tambahan barang modal.
Jika tingkat pengembalian yang diharapkan lebih besar dari tingkat suku bunga, permintaan investasi akan meningkat. Sebaliknya jika tingkat pengembalian yang diharapkan lebih rendah dari tingkat suku bunga, tingkat investasi akan menurun.
·         Jenis Investasi
1.      Investasi Rill
Investasi Rill adalah investasi terhadap barang modal seperti untuk pembelian pabrik, mesin-mesin, peralatan produksi, atau gedung yang baru.
2.      Investasi Persediaan
Investasi Persediaan adalah investasi dalam bentuk persediaan baik bahan baku produksi maupun barang jadi yang digunakan sebagai cadangan, dengan tujuan meningkatkan keuntungan masa mendatang.
3.      Investasi Residensial
Invesrtasi Residensial adalah investasi dalam dalam bentuk tempat tinggal, seperti rumah, kantor dan apartemen.
·         Faktor-faktor yang Mempengaruhi Investasi
Pada dasarnya pendapatan nasional tidak mempengaruhi jumlah invesatasi perusahaan. Pada umumya, tingkat investasi lebih dipengaruhi oleh tingkat bunga. Ini berkaitan dengan pilihan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
Bila tingkat bunga, maka tingkat investasi akan berkurang, sebaliknya jika tingkat bunga rendah, maka tingkat investasi akan tinggi. Sesuai dengan keinginan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar tadi, maka seorang (pengusaha) akan melihat tingkat bunga sebagai tolak ukur perilakunya dalam berinvestasi.
Perbedaan yang cukup mendasar antara konsumen dan investor, bahwa ada motivasi yang berbeda pada saat seorang konsumen berbelanja dan pada saat investor melakukan investasi. Investor tidak berkeinginan mendapatkan barang sebanyak mungkin, namun ia lebih berkepentingan pada bagaimana mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin. Dengan demikian, ia akan memperhatikan dan mempertimbangkan banyak hal sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan investasi, factor-faktor itu antara lain:
1.      Tingkat keuntungan investasi yang diramalkan akan di dapat.
2.      Tingakat bunga
3.      Ramaln mengenai keadaan ekonomi di masa depan.
4.      Kemajuan teknologi
5.      Tingkat pendapatan nasional dan perubahan-perubahannya.
6.      Keuntungan yang diperileh perusahaan.
·         Investasi dan Tingkat Bunga
Bagi seorang investor, diantara factor-faktor di atas, yang paling penting adalah keuntungan yang diramalkan dan tingkat bunga. Hal ini karena dengan mengetahui keuntungan yang akan di peroleh, ia dapt membuat rencana jenis investasi apa yang harus di tanam, bagaimana prospeknya, berapa besar investasi yang harud di tanam, dan lain-lain.
Tingkat bunga juga penting bagi Investor karena dapat menentukan jenis-jenis investasi yang menguntungkan pengusaha. Para pengusaha hanya kanmenana modal bila pengembalian modal lebih besar daripada tingkay bunga. Karena itulah, analisis mengenai investasi lebih difokuskan pada peranan tingkat bunga dalam menentukan tingkat investasi dan dampaknya pada pendapatan modal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ayo kasih komentarnya .. biar aku bisa lebih baik ... jangan lupa ,, komentarnya berupa kritikan dan pujian yang membangun ya :)