Kamis, Juni 14, 2012

EKONOMI KELAS 10


Istilah istilah EKONOMI ini :
1.      Konsumsi ialah kegiatan manusia dalam menghabiskan, memakai, menggunakan barang dan jasa baik sekaligus atau sebagian sehingga barang dan jasa yang digunakan dalam proses produksi tidak termasuk konsumsi karena barang dan jasa itu digunakan untuk memproduksi barang lain.
2.      Tabungan ialah pengalokasian sejumlah pendapatan untuk ditabung atau disimpan.
3.      Fungsi konsumsi ialah suatu kurva yang menggambarkan hubungan diantara tingkat konsumsi dalam perekonomian dengan pendapatan yang ada di dalam suatu perekonomian tersebut.
4.      Fungsi tabungan ialah suatu kurva yang menggambarkan hubungan diantara tingkat tabungan dalam perekonomian dengan pendapatan yang ada di dalam suatu perekonomian tersebut.
Factor factor yang mempengaruhi konsumsi dan tabungan
1.      Tingkat pendapatan
pendapatan berpengaruh terhadap pola konsumsi masyarakat. Jumlah pendapatan yang rendah yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok saja tidak memungkinkan untuk ditabung karena seluruh pendapatannya digunakan untuk konsumsi.
2.      Sikap hidup
Sikap hidup yang suka berhemat mendorong seseorang untuk tidak menggunakan seluruh pendapatannya dan menabungnya sebagian.sikap hidup didasari oleh lingkungan, pendidikanm dan kesadaran akan kebutuhan dan masa depan.
3.      Suku bunga
Suku bunga yang tinggi mendorong orang untuk menabung karena hasil dari tabungan cukup besar. Suku bungan yang rendah akan mendorong untuk tidak menabung karena hasil yang diperoleh tidaklah seberapa sehinggga orang merasa uang yang ditabung sama saja dengan dikonsumsi. Tingginya bunga dapat meningkatkan tabungan dan mengurangi tingkat konsumsi.
4.      Adanya jaminan pension dan masa depan
Pemerintah memberikan dana pension kepada para mantan pegawai negeri. Ada sebagian perusahaan yang juga melakukannya. Hal tersebut dapat mengurangi minat menabung bagi pegawai yang menerimanya karena telag ada kepastian di masa depan dan hari tua.
5.      Keadaan ekonomi
Keadaan ekonomi seseorang yang stabil akan mendorong untruk berkonsumsi. Sedangkan yang tidak stabil akan menabung Karena untuk berjaga jaga atas kondisi ekonomi yang tidak menentu tersebut.

Teori komsumsi
Franco Modigliani menyebutkan bahwa ada 3 periode perjalanan hidup manusia yang bisa mempengaruhi tingkat ekonomi. Yaitu :
a.       Periode belum productive ( 0-20 tahun ) pada periode ini biasanya manusia belum memiliki pendapatan sehingga untuk memenuhi kebutuhan hidup ia dibantu oleh keluarga.
b.      Periode productive (20-60 tahun) pada periode ini manusia sudah mulai dapat meraih penghasilannya sendiri sehingga sudah dapat memenuhi kebutuhannya sendiri.
c.       Periode tidak produktiv lagi ( > 60 tahun ) periode dimana manusia sudah terlalu tua dan tidak mampu untuk bekerja memperoleh penghasilan.
Pembahasan
a.       Pengertian konsumsi dan tabungan
Fungsi konsumsi dan tabungan secara matematika berarti hubungan antara konsumsi dan tabungan sehingga diperoleh suatu hasil (pendapatan). Kegiatan dalam menggunakan Pendapatan oleh manusia untuk membeli barang dan jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan disebut konsumsi. Sedangkan pendapatan yang tidak digunakan untuk konsumsi disebut tabungan. Dalam rumus matematis, fungsi konsumsi dan tabungan yaitu sebagai berikut :
Y = C + S
Diketahui    Y  = Pendapatan
                    C = Konsumsi
                    S = tabungan

b.      Fungsi konsumsi
Dalam fungsi konsumsi ada beberapa istilah yang berhubungan yaitut MPC (marginal propensity to consume) atau kecenderungan mengkonsumsi marginal dan APC (average propensity to consume) atau kecenderungan mengkonsumsi rata rata.


Hubungan antara pendapatan dan tabungan bisa ditulis secara sistematis yaitu
Y = a + bY
Diketahui : C adalah pengeluaran untuk konsumsi
                    A adalah besarnya konsumsi pada saat pendapatan tidak ada
                    b adalah besarnya tambahan konsumsi yang disebabkan oleh tambahan pendapatan
                    Y adalah pendapatan

MPC (marginal propensity to consume) ialah konsep menggambarkan hubungan antara pertambahan pendapatan dan pertambahan konsumsi. Dengan kata lain MPC menunjkan gambaran tentang beberapa konsumsi yang akan bertambah jika pendapatan disposable  bertambah sekian unit.
MPC = delta C/ delta Y
Diketahui : C adalah pertambahan konsumsi
                    Y adalah pertambahan pendapatan
APC(average propensity to consume) ialah perbandingan atau rasio antara konsumsi total dan pendapatan disposable total. Perlu diketahui bahwa pendapatan desposable adalah penapatan yang siap dibelajakan oleh konsumen.
APC = C/Yd
Diketahui : C adalah pertambahan konsumsi
                    Y adalah pendapatan disposable total


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

ayo kasih komentarnya .. biar aku bisa lebih baik ... jangan lupa ,, komentarnya berupa kritikan dan pujian yang membangun ya :)