Senin, April 29, 2013

PERADABAN KITA ?


Peradaban Kita ?
Jika kita belajar peradaban dunia zaman dahulu. Kita pasti mengetahui tentang kota mohenjodaro dan harrapa. Kedua kota tersebut adalah kota kuno bercorak modern di lembah sungai Indus, india yang berkembang pada jaman 4.000 – 2.500 sebelum masehi. Kota tersebut begitu indah, nyaman dan tertata rapi. Kota tersebut di ciptakan oleh bangsa Dravida, yaitu bangsa asli india yang sudah memiliki tingkat peradaban tinggi.
Lalu bagaimana dengan peradaban bangsa Indonesia ? peradaban bangsa indonesia dipengaruhi oleh penyebaran agama hindu, budha juga islam yang mulai masuk pada tahun ke 2 masehi. Begitu banyak budaya bangsa asing yang memengaruhi peradaban di indonesia, hal itu dikarenakan wilayah indonesia strategis dan selalu menjadi jalur perdagangan bangsa bangsa lain di asia.
Dengan letak wilayah kita yang strategis, tak bisa kita hindari pengaruh baik maupun buruk yang bangsa asing bawa sebagai kebudayaan mereka. Bangsa indonesia harus pintar dan sangat selektif dalam memilih mana hal yang baik untuk ditiru maupun hal yang kurang baik untuk diakulturasikan dengan budaya asli bangsa kita.
Sedangkan akulturasi budaya yang telah ada sebagai hasil pencampuran antara kebudayaan asli dan asing dari dua atau lebih peradaban di indonesia harus kita jaga dengan baik dan jangan sampai diakui oleh Negara lain. Kebudayaan itu harus di hak patenkan dan kita wariskan sebagai kebudayaan yang baik bagi anak cucu kita. Karna bagaimanapun, budaya yang telah ada di indonesia adalah budaya hasil nenek moyang dan keberadaannya tidak akan lepas dari jati diri dan juga tingkat peradaban yang ada di Negara kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ayo kasih komentarnya .. biar aku bisa lebih baik ... jangan lupa ,, komentarnya berupa kritikan dan pujian yang membangun ya :)